Keuntungan dan Kerugian Blockchain yang anda harus tahu!

Teknologi Blockchain merupakan teknologi yang relatif baru dan di gadang gadang dalam menyelesaikan banyak permasalahan yang ada di industri keuangan dan berbagai permasalahan bisnis lainnya.

berikut ini akan dibahas apa keuntungan dan apa kerugian teknologi Blockchain

Keuntungan Teknologi Blockchain

keuntungan dan kerugian blockchain
keuntungan dan kerugian blockchain

1. Blockchain adalah sistem terdesentralisasi

Sebagian besar Blockchain platform tidak memiliki server terpusat dan tidak ada pihak yang bisa mengambil alih sistem dimana database dalam sistem di bagikan tanpa seorang administrator terpusat. jika melihat kondisi sekarang ini maka keberadaan server masih terpusat seperti di perbankan, di pemerintahan sehingga masih dimungkinkan ada orang lain yang bisa mengakses data tanpa hak atau diretas. dengan menggunakan teknologi Blockchain maka hal seperti itu tidak akan terjadi karena selain terdesentral juga ter enkripsi dengan kuat

2. Blockchain bersifat Transparan

Setiap data yang tersimpan di dalam blockchain dapat dilihat oleh semua orang dan setiap perubahan kecil akan tercatat di dalam blockchain sehingga teknologi ini digunakan di cryptocurrency karena sifat mampu telusurnya dapat menelusuri setiap transaksi yang terjadi tanpa campur tangan seorangpun dan terpercaya

3. Teknologi Blockchain lebih aman

Teknologi Blockchain dilengkapi dengan kriptografi yang aman sekaligus transparan sehingga mampu melindungi sistem dari pihak ketika.

4. Teknologi Blockchain lebih cepat dan efisien

teknologi Blockchain mempercepat proses transaksi misalnya transaksi antar batas seperti mengirimkan uang antar negara atau antar bank antar negara yang mana bisa membutuhkan waktu beberapa hari untuk efektif settlement karena menghilangkan proses paper-work-based. hal ini tentunya akan memangkas biaya transfer yang dilakukan.

5. Blockchain kebal terhadap perubahan atau immutable

setiap record atau catatan transaksi yang sudah tertulis dalam database Blockchain tidak bisa dirubah karena untuk merubah suatu block maka harus merubah semua block yang ada di dalam jaringan blockchain dan hal tersebut hampir mustahil dilakukan atau membutuhkan biaya yang sangat besar.

6. Blockchain menyimpan seluruh catatan transaksi

blockchain mencatat semua transaksi yang terjadi, mulai dari pertama kali Blockchain diciptakan sampai sekarang dapat di telusuri sehingga sangat bermanfaat dalam mampu telusurnya karena mengandung informasi dalam setiap blok nya.

7. tidak ada downtime

bisa dibayangkan untuk teknologi server sekarang dimana server google atau amazon tiba tiba down sehingga mengakibatkan kerugian pada penggunanya bukan? dengan implementasi Teknologi Blockchain maka tidak akan ada masa Downtime karena Blockchain tidak disimpan di dalam suatu komputer atau server namun disimpan di banyak komputer atau server secara bersama sama di seluruh dunia dalam setiap node jaringan yang terhubung.

8. Pemberdayaan pengguna

setiap orang bisa melihat dan mengontrol informasi transaksi yang terjadi. sehingga tidak ada yang disembunyikan. hal tersebut seperti kebebasan dalam era internet di masa sekarang yang mana privacy menjadi hal mahal sekarang ini

Kerugian Teknologi Blockchain

kerugian blockchain
kerugian blockchain

1. Kerumitan dalam Blockchain

Teknologi ini masih awam dan tidak semua orang tahu terutama para orang tua tidak akan mengerti teknologi ini dengan mudah

2. Ukuran Blockchain yang terus membesar

semakin hari maka catatan yang terjadi akan menyebabkan ukuran database akan semakin membesar. Bitcoin sekarang ini mempunyai ukuran Blockchain sekitar 170GB dan ethereum bahkan memiliki ukuran lebih dari 1TB sehingga penerapan Blockchain secara luas menjadi sangat penting.

3. Perlu sumber daya lebih

Teknologi Blockchain memerlukan Nodes agar bekerja, kalau Bitcoin sudah memiliki cukup node agar jaringan bekerja namun hal itu mungkin tidak pada Blockchain platform yang baru akan menghadapi kurangnya node dalam jaringannya dan node juga memerlukan reward lebih sebagai partisipasi di dalam jaringannya.

4. Kesalahan Manusia

dalam menggunakan Blockchain anda akan dibekali dengan private key untuk masuk ke dalam jaringan Blockchain dan sifat manusia yang pelupa akan membuat banyak orang lupa dengan private key nya.

demikian penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian dalam teknologi Blockchain dan semoga bermanfaat

Sending
User Review
5 (1 vote)