Jangan Pakai 2FA Google Authenticator sebelum baca ini

Akun Bitcoin online dan berbagai akun exchanger anda rawan terhadap aktivitas peretasan atau hacking yang mana bisa membuat anda kehilangan semua asset digital anda. Untuk itu Exchanger Cryptocurrency dan dompet online cryptocurrency akan mewajibkan anda menggunakan 2FA Google Authenticator sebagai lapisan pengaman untuk akun anda.

apa 2FA Google Authenticator itu?

google 2FA authenticator
google 2FA authenticator

2FA google authenticator adalah perangkat lunak token yang mengimplementasikan verifikasi 2 langkah menggunakan time-based one password Algorithm ( TOTP). ketika anda login ke suatu web yang menggunakan 2FA authenticator maka kemudian web akan meminta anda untuk menginput 6 sampai 8 digit angka yang di generated dari sisi perangkat anda. dengan adanya pengaman di dua sisi yaitu di sisi website dan di perangkat anda maka sangat sulit sekali seorang hacker akan membobol akun anda.

2FA autentikasi form
2FA autentikasi form

anda dapat mencoba Google 2FA Authenticator untuk melindungi akun anda dengan mendownload aplikasi yang ada di android. namun anda harus hati hati terhadap kelemahan yang dimiliki oleh Google 2FA Authenticator

Kelemahan 2FA Google Authenticator apa?

selain menawarkan fitur keamaan tingkat tinggi yang tidak terbantahkan, namun ada beberapa point yang harus menjadi perhatian jika anda ingin menggunakannya. berikut ulasannya.

1. Bagaimana jika Handphone anda hilang?

ini akan menjadi awal masalah. dalam melakukan proses instalasi dari google Authenticator maka anda diminta untuk melakukan scan terhadap barcode yang ada di web untuk kemudian dicocokkan dengan kode yang di generate di perangkat. masalahnya jika handphone anda hilang maka data settingan dari 2FA google Authenticator di handphone anda juga akan hilang yang akan berakibat anda tidak akan bisa masuk ke akun anda dan akan membutuhkan waktu dan proses yang sulit jika mau melakukan proses recovery dan bisa jadi anda tidak bisa login ke akun anda lagi.

2. Google 2FA Authenticator hanya tersedia di Mobile Application

kelemahan selanjutnya adalah Google Authenticator hanya tersedia dalam dukungan mobile yaitu di android dan IOS platform. untuk desktop atau di browser add on tidak ada dukungan. dan hal ini tentu akan menyulitkan jika ada kasus dimana anda kehilangan perangkat anda karena google 2FA hanya mendukung satu perangkat saja.

3. Google 2FA Authenticator terbatas dalam perlindungan password aplikasinya

kelemahan selanjutnya adalah aplikasi mobile google authenticator dilengkapi dengan password perlindungan perangkat yang sederhana. tentunya hal ini masih kurang terhadap sisi sekuritas.

Solusinya bagaimana?

Untuk mengatasi permasalah tersebut maka anda dapat menggunakan Authy sebagai aplikasi 2FA yang mendukung Google Authenticator namun dengan fitur yang akan mengatasi permasalahan diatas tadi

Authy vs Google
Authy vs Google

Authy 2FA Authenticator

Authy merupakan software 2FA yang juga mendukung google authenticator dengan perbaikan yang menyeluruh. anda dapat mendownload berbagai aplikasi yang tersedia disini

Fitur Authy

Authy aplikasi android
Authy aplikasi android

1. Tersedia Fitur Backup

di Authy 2FA Authenticator, maka anda akan ditawarkan untuk membackup data anda ke cloud yang terenkripsi.hal ini tentunya akan menghindari anda kehilangan akses terhadap akun anda. ketika handphone anda hilang, anda hanya install aplikasi authy dan semua settingan data anda akan kembali sedia kala

2. Dukungan beberapa Aplikasi

google 2FA in Authy
google 2FA in Authy

Authy juga mendukung tidak hanya aplikasi mobile namun juga add on chrome sehingga memudahkan anda dalam data sync. ketika anda install add on authy di browser chrome maka data anda akan tersinkronisasi.

3. Dukungan beberapa perangkat

jika anda mempunyai handphone lebih dari satu, maka anda bisa dengan mudah melakukan instalasi ke handphone ke-2 dengan mengaktifkan fitur beberapa perangkat yang ada di settingan aplikasi authy. dengan begitu anda tidak perlu kuatir karena jika salah satu handphone anda hilang maka tinggal beli kemudian lakukan scan QR code dari perangkat lain maka seketika data akan tersinkronisasi

4. Extra Pengamanan

dalam akses terhadap aplikasi Authy, pengguna bisa memilih dengan menggunakan password, PIN dan sidik jari ( jika perangkat mendukung). Hal ini selain meningkatkan security juga memberikan rasa aman terhadap pengguna.

demikian ulasan yang diberikan maka anda lebih baik menggunakan 2FA authenticator dibandingkan menggunakan aplikasi dari Google karena beberapa kelemahan yang ada.

Sending
User Review
0 (0 votes)